Counseling Kinesiology

Counseling Kinesiology

Konseling adalah i-talking therapy yang memungkinkan seseorang untuk berbicara tentang masalah dan perasaan mereka di lingkungan yang aman, rahasia dan dapat diandalkan. Ketika kita berpikir semuanya baik, kita merasa nyaman terhadap diri sendiri, kita mulai menemui tuntutan hidup. Tetapi terkadang kita mnemui kesulitan dalam hidup atau mengalami berbagai emosi negative seoerti rasa duka, kesepian, marahm atau rasa bersalah.  Pada saat itu, mungkin Anda membutuhkan bantuan untuk menyeleksi dna mendeteksi masalah Anda. Konseling dapat membanatu Anda untuk merasakan apa yang sebenarnya terjadi dan medukung Anda untuk melewati krisis hidup.

Pada sesi awal yang sering disebut dengan initial counselling, konselor akan mendiskusikan situasi Anda untuk mencari jalan keluar jika Anda merasa konseling adalah cara yang terbaik. Selama sesi, proses dan tujuan dari konseling serta hubungan antara konselor dan klien didiskusikan dan ditentukan bersama.

Selama sesi konseling, Anda akan diberikan semangat untuk mengekspresikan perasaan dan emosi secara bebas. Konselor yang akan membantu Anda dan menghargai apapun pandangan Anda dan memberikan Anda waktu untuk bicara tentang situasi yang sedang Anda hadapi. Saat itu, konselor akan membantu Anda mencarikan insight yang terbaik dan memahami emosi Anda dan apa yang sedang terjadi di hidup Anda, mengenali cara yang terbaik untuk menemukan solusi masalah Anda. Namun jika masalahnya terlalu berat maka akan disarankan untuk mengambil sesi terapi regular untuk meningkatkan kualitas hidup Anda.

Menurut “Jane Loader Kinesiology (pronounced kin-easy-ology) is a holistic health care which combined manual muscle testing (MMT) with the principles of Traditional Chinese Medicine. Like acupuncture, it works on the concept that disease results from blocked or imbalanced energy channels”.

 

Pengertian tentan kata “Kinesiology” adalah ilmu yang mempelajari tentang gerak, pergerakan tubuh manusia. Sedangkan kata Kinesiology sendiri berasal dari bahasa Yunani dan diterjemahkan dalam artian “study of motion”. Yaitu mempelajari tentang gerakan-gerakan yang tentunya dalam hal ini adalah mempelajari tentang mekanisme sistem pergerakan tubuh manusia “mechanic of bodily motion”. Khususnya mengenai pergerakan-pergerakan otot tubuh (muscle movements). Termasuk otot tangan, otot deltoid (deltoid muscle), yang kemudiannya masuk kedalam bagian dari manual muscle testing (MMT). Dan seterusnya dapat memberikan kita berbagai informasi tentang kondisi tubuh. Inilah yang disebut dengan “Bahasa Tubuh” atau disebut juga Your Body Can Talk.

Menurut Jane Loader, “Classical Kinesiology” has its roots in Applied Kinesiology which has developed by a chiropractor, Dr. George Goodheart in 1960. He became famous for being able to solve health problems that no one else could and taught these techniques to chiropractors, medical doctors and dentists”.

Kata Applied didepan kata “kinesiology” bermakna mengarah pada kata “simply”, tepatnya terapan yang semata-mata menjelaskan praktek kinesiology, atau untuk membedakannya dengan “kinesiology”-nya Nancy Hamilton dan Kathryn Luttgens didalam bukunya “Kinesiology, scientific basis of human motion”.

Dr. Goodheart sebagai orang yang telah mengembangkannya, mengatakan,”Applied Kinesiology yang berdasarkan sebuah fakta, adalah suatu kenyataan bahwa bahasa tubuh tidak pernah berbohong”, based on the fact that the body language never lies.

Sebuah temuan yang membuat kita menyadari dan mengerti bahwa kontraksi dari otot deltoid, memberikan reaksi gerak pada tangan, yaitu jatuh atau bertahan yang merupakan dari bahasa tubuh itu sendiri. Sehingga otot deltoid ini disebut sebagai indikator dari bahasa tubuh itu sendiri. Dr. Goodheart tidak mengatakan bahwa ini adalah sebuah “miracles”, akan tetapi yang dia maksudkan adalah bahwa para terapis Applied Kinesiology (AK) dan juga Behavioral Kinesiology (BK) dapat mengembangkan kemampuan SDM mereka didalam mengartikan sinyal-sinyal yang diberikan tubuh melalui otot tersebut.

Dari hasil resetnya, Dr Goodheart menyimpulkan bahwa ada hubungan langsung antara respon yang diberikan otot dengan sirkuit energi yang mengalir didalam tubuh, dan berhubungan juga dengan titik-titk meridian akupunkture. Otot yang lemah menandakan ada ketidak seimbangan energy pada organ terkait. Ilmu pengobatan Cina menyebutnya “Ch’i imbalance”, ketidakseimbangan energi Ch’i pada organ tubuh tertentu, yang berhubungan (related) dengan otot. Ch’i atau energi masuk kedalam tubuh bersama dengan udara yang kita hirup, makanan dan air yang kita minum. Demikian tulis Dr. Diamond dalam bukunya Your body does’t lie. Ch’i mengalir didalam tubuh melalui suatu system saluran, yang disebut “pathways atau meridians”. Meridians adalah saluran utama yang menuntun dan mengalirkan energi keseluruh tubuh.

Dr.Goodheart : ”There is a direct relation ship between muscle and meridians. A weak muscle indicates an energy imbalance–a ch’i imbalance–in the organ related to that muscle via the appropriate acupuncture meridian. Muscle, then, can be thought of as energy pumps that increase the flow of energy through specific meridians when the thymus gland is functioning correctly. When the thymus is not, the energy flow will be decreased”.

Dapat kita ketahui bahwa thymus adalah sebagai pembagi, regulator energi tubuh. Apabila thymus tidak berfungsi dengan baik, maka tugasnya untuk membagi energi akan mengalami penurunan. Untuk ini kita harus tau dan segera menaikan kembali energi tubuh agar menjadi seimbang, sehingga thymus dapat berfungsi dengan benar. Untuk maksud ini kita dapat melakukan koreksi energi tubuh melalui BK Muscle Testing. Dengan demikian kita dapat mendeteksi kondisi tubuh lebih dini, yang pada akhirnya kita dapat mencegah sebelum terjadinya penyakit yang lebih serius.

Menurut pakar Kinesiology bahwa sakit adalah akibat dari terjadinya ketidak seimbangan energi didalam tubuh. John Diamond M.D percaya bahwa apabila kelenjar thymus seseorang mengalami lemah dalam arti fungsi kerjanya menurun, hal itu menandakan energi tubuh dalam keadaan rendah, atau telah terjadi penyusutan energi tubuh. Yang berikutnya dapat menimbulkan penyakit. Ketidak seimbangan energi adalah penyakit. Artinya seluruh penyakit bermula dari terjadinya ketidak seimbangan energi tubuh. Apabila penyusutan energi tubuh (diminution of life energy) terjadi berkelanjutan terus menerus, itu menandakan ada organ-organ terkait mengalami gangguan (sakit). Pada prinsipnya lingkungan yang dekat dengan kehidupan Anda, sangat berpengaruh dengan energy tubuh Anda. Terkadang sangat sensitif, artinya bisa membuat orang menjadi stress. Setiap sesuatu yang Anda lihat, dengar,sentuh, rasakan, pikirkan akan dapat meningkatkan ataupun menurunkan energi tubuh Anda. Demikian pula halnya dengan perilaku, sikap mental, perbuatan, makanan, minuman, amal perbuatan, lingkungan kehidupan sosial, kebutuhan teknologi dsb. Dengan Kinesiology kondisi ini dapat dideteksi lebih awal, yaitu dengan melakukan manual muscle testing pada kelenjar Thymus. Sehingga penurunan energi tubuh, yang berakibat pada gangguan kesehatan, dapat teratasi lebih dini.

Terapi yang dilakukan adalah berupa Brain Gym, Medical Touch, Medical Qigong, Vision Circle, Rhytmic Magnetic Movement, Optimal BrainFit, In dept Kinesiology Balance, dan lain-lain.

Jumlah sesi tergantung masalah individu atau kesulitan yang dihadapi.

Konseling dapat membantu Anda maupun anak Anda yang mengalami masalah:

  • Aborsi
  • Pelecehan
  • Ketergantungan pada obat, alcohol, games dan lainnya
  • Manajemen marah
  • Kecemasan, depresi dan kesedihan
  • Rasa duka berkepanjangan
  • Bullying
  • Masalah Kesuburan
  • Rasa percaya diri dan konsep diri yang rendah
  • Panik
  • Phobia
  • Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  • Sulit membangun hubungan dengan orang lain
  • Self harm
  • Masalah Sexualitas (sexual or gender issues)
  • Stress
  • Trauma
  • dll

 

Click here to set up an appointment