Brain Magnetic Massage

Anda membutuhkan Terapi Pijat Otak untuk anak Anda ? Hubungi 0818 074 44 074/0817 0735 888

Terapi Pijat Tingkatkan Kecerdasan Otak

(Brain Magnetic Massage)

Memiliki anak dengan otak yang cerdas dan daya ingat yang kuat merupakan dambaan setiap orang tua, namun tahukah anda seiring bertambahnya usia seseorang akan berpengaruh besar terhadap kemampuan otak dalam konsentrasi dan melemahnya daya ingat sehingga orang yang sudah tua sering kita jumpai mengalami penyakit pikun dan pelupa dalam banyak hal.

Brain Magnetic Massage adalah suatu metode terapi dengan menggunakan sentuhan lembut dan pemijatan untuk mengintegrasikan otak anak dan refleks anak yang belum berkembang dengan maksimal.

Dasar penting pada terapi model ini adalah memahami sumber yang mendukung perkembangan gerakan utama yaitu refleks yang diakibatkan oleh alam kepada individu yang akan mempengaruhi program motorik yang bersifat genetik, yang digunakan seumur hidup. Refleks-refleks tersebut mengiringi individu seumur hidup dan memberikan pengaruh besar pada perkembangan struktur dan fungsi tubuh yaitu: kontrol postur, koordinasi gerakan, sensory integration dan senso-motor integration. Kematangan refleks juga mempengaruhi perkembangan dan fungsi otak. Refleks-refleks yang mengikuti kita akan mempengaruhi perkembangan emosi dan kepribadian serta mempengaruhi cara belajar (learning style) dan perkembangan kepribadian (Masgustova, 2004).

Karena Terapi Pijat Otak ini menggunakan sentuhan sentuhan lembut maka terapi ini menjadi pendekatan yang aman untuk menangani anak anak dan bayi yang mengalami trauma proses kelahiran; seperti pada kasus kasus ADD/ ADHD juga mencegah problema masa depan seperti kesulitan belajar

Terapi ini menggabungkan antara brain gym, refleks anak dan terapi biomagnetic yang akan  meningkatkan fokus; anak-anak (atau orang dewasa) dan memberikan rasa tenang. Pada anak-anak yang dipijat secara rutin dibuktikan sering ada peningkatan yang nyata dalam memori, konsentrasi, hubungan dan komunikasi,serta koordinasi fisik. Saat dilakukan terapi ini, maka pemujatan itu akan menstimulasi area otak dan memperkuat jalur neurologis yang mungkin tidak digunakan dan belum terintegrasi dengan optimal. Ini memungkinkan peserta untuk berlatih dan memperkuat jalur koordinasi fisik dan digunakan untuk mendukung anak-anak yang memiliki masalah perkembangan di bidang ini. Terapi ini merangsang area tertentu dari otak untuk meningkatkan fungsinya, meningkatkan integrasi antara bagian-bagian otak dan hubungan antara dua belahan otak.

Pemijatan dilakukan di seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki termasuk refleks di wajah. Refleks  wajah adalah seluruh reaksi otak-tubuh di tubuh bagian atas dan wajah untuk merespon stimulasi sensoris dan propioseptif khusus. Biasanya refleks ini muncul dalam banyak fungsi manusia misalnya makan, ekspresi wajah, penglihatan dan pendengaran serta artikulasi (untuk berbicara). Termasuk refleks: menghisap, menelan, menyusu, menggigit, mengunyah, oral-orientation dan oral-cognition, mengedipkan mata, eyes-staring, babkin palmomental, reaksi ekspresi emosi, keseimbangan kepala, dll. Refleks-refleks tersebut sangat mempengaruhi struktur tubuh dan perkembangan postur, sensory-motor integration, fungsi otak dan perkembangan emosi, perkembangan pribadi dan komunikasi.

Dalam kondisi stress emosional atau fisik, kita mengaktifkan reaksi dan refleks pertahanan hidup. Stress dapat mempengaruhi kita sebagai embrio dan bayi. Pola refleks yang aktif untuk mempertahankan hidup pada saat stress akan diartikan sebagai kondisi neuro-fisiologis yang terbaik untuk mempertahankan hidup dan akan dianggap menguntungkan. Jadi kita akan mengulangi tindakan pertahanan hidup tersebut berkali-kali, otak kita memerintahkan “ini adalah cara yang terbaik untuk perlindungan diri”. Dengan demikian, pola refleks yang tidak matang atau refleks yang berfungsi dengan cara tidak memadai dan menjadi bagian dan perlindungan diri yang non-produktif maka perkembangan dan kematangan ketrampilan motoris dan perilaku akan terpengaruh. Stress dapat mempengaruhi waktu dan kualitas dari reflex integration.

Stress menyebabkan diaktifkannya strategi brain stem yang berlebihan yaitu strategi perlindungan diri yang memicu reflexes response. Kondisi ini akan mengurangi kemampuan fungsi kognitif yaitu konsentrasi, daya ingat dan kemampuan berpikir. Kondisi ini juga akan mengganggu kemampuan untuk membuat pilihan, perspetive planning dan keputusan-keputusan jangka panjang yang bertanggung jawab. Banyak anak dan orang dewasa yang mengalami stress yang menunjukkan reksi-reaksi impulsif dalam perilaku kognisi dan komunikasi, mereka bertindak pada level “pertahanan hidup” dengn refleks dan reaksi dasar. Jika anak-anak dan orang dewasa mengalami sress jangka panjang, mereka akan melakukan perilaku yang negatif, misalnya: agresif, ketakutan, hiperaktif (ADD dan ADHD), malas, motivasi rendah, dll.

Tujuan dari terapi ini adalah :

  • Menghilangkan ketegangan tendon guard reflex
  • Merilekskan ketegangan otot di seluruh tubuh
  • Mengaktifkan propioceptive system dan jaringan struktur tubuh untuk mengoptimalkan kerja self-regulation mechanism
  • Mengaktifkan kerja reseptor yang berhubungan dengan sentuhan dalam dan tekanan
  • Pemolaan ulang
  • Re-patterning and Integration of Disfungctional and Patalogical Reflex
  • Mengaktifkan mekanisme gerakan alami dan merangsang perkembangan gerakan
  • Mengaktifkan sistem koordinasi “tubuh-otak”
  • Menghilangkan stress pada level kerja otot-otot wajah, komunikasi, dll.
  • Mengeksplorasi kemungkinan-kemungkinan perubahan positif dalam struktur wajah-tubuh, postur dan perkembangan gerakan
  • Memperkenalkan tehnik-tehnik neuro kinesiologi kepada individu yang memiliki permasalahan dalam kegiatan makan, kesulitan untuk menunjukkan emosi dan ekspresi wajah, sensory integration (melihat-mendengar), berbicara dan berkomunikasi serta ruang gerak dan belajar.

Anda membutuhkan Terapi Pijat Otak untuk anak Anda ? Hubungi 0818 074 44 074/0817 0735 888

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *