Perjalanan menuju Kebahagiaan

PERJALANAN MENUJU KEBAHAGIAAN

Target adalah sesuatu yang anda ingin peroleh, jadi atau capai pada masa yang akan datang. Kerap terjadi, target itu berada di luar zona nyaman dan anda harus meregangkan diri dan mempelajari hal-hal baru untuk mencapainya. Terkadang, rasanya tidak nyaman, tapi imbalannya digaris akhir sangat luar biasa.  Tepat sebelum anda “mencapai” target, patok target lain dan rayakan kesuksesan pencapaian target pertama dalam perjalan kedua –trik ini akan menjaga kebahagiaan tetap menemani “perjalanan” anda.

Kebahagiaan juga berarti sikap. Saya bahagia ketika …..’saya mencapai……../saya memperoleh………./ketika ini dan itu terjadi. Menantikan terjadinya kebahagiaan takkan membuat Anda bahagia. Bahagia adalah keputusan yang anda buat untuk berbahagia, bukan hal-hal yang terjadi di sekitar anda.

 

Mulailah untuk Mengenali Nilai Diri

Sebelum mematok target, Anda perlu mengetahui apa saja yang penting bagi diri anda. Hal-hal yang penting itu mungkin saja berbeda dengan hal-hal yang penting bagi teman-teman atau keluarga anda.

Begitu anda memastikan apa saja yang penting bagi diri anda, anda dapat mempertahankan diri sendiri dan memutuskan sendiri apa yang ingin anda lakukan.

Cara lain mengatakan “yang penting bagi saya” adalah dengan “saya menghargai” …….. atau “salah satu nilai diri saya adalah…….”

Temukan nilai-nilai diri anda agar anda dapat mengambil keputusan dan mematok target-target yang akan membuat anda behagia. Nilai–nilai diri dan target-target itu harus bergerak beriringan.

Ingat, setiap orang memilih hal-hal pentingnya masing-masing – inilah NILAI DIRI mereka. Dan, TAK MENGAPA jika Anda berbeda. Itulah yang membuat dunia dan seluruh penghuninya menjadi begitu menarik. Beberapa nilai diri antara lain: kejujuran, kesetiaan, penghargaan, kemurahan hati, kepercayaan, cinta, kesehatan, kebenaran, keluarga, persahabatan, rasa memilki, sikap mau menerima, kebaikan.

 

Dengan mengetahui nilai-nilai dalam diri saya, saya bisa:

  • Menentukan target yang tepat untuk diri saya
  • Memilki pendirian dalam diskusi
  • Membuat keputusan tentang hidup saya
  • Menerima tanggung jawab diri sendiri
  • Memehami dan menghormati perbedaan nilai yan gdimilki oleh orang lain

Apa yang terjadi jika Anda mengambil keputusan yang bertentangan dengan nilai diri Anda? Misalkan saja anda sedang berada di sebuah kelompok dan mereka mengolok-olok seseorang yang anda suka. Kalau anda bergabung dengan mereka atau bahkan hanya diam saja, bagaimana perasaan anda setelah itu?

Jika anda bersalah atau kecewa dengan diri anda sendiri mungkin disebabkan oleh kesetiaan atau kebaikan atau rasa diterima dalam kelompok sangat penting bagi anda. Kedekatan dan pengakuan dalam kelompok mungkin juga bernilai tinggi-sehingga membuat anda bergabung dalam kelompok itu atau hanya diam saja asalkan tidak membuat kecewa orang-orang di sekitar anda.

Dan, bagaimana jika anda telah memutuskan untuk mempertahankan nilai-nilai yang anda miliki dan membela orang yang sedang mereka ganggu? Apa yang akan anda rasakan ketika orang lain juga mengejek anda karena melakukan hal itu? Kebahagiaan dan harga diri datang dari pengambilan keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai diri.

Kadang-kadang, ketika anda merasa marah terhadap seseorang, mungkin anda sadar kalau hal itu disebabkan mereka telah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai anda. Biasanya, semakin kuat kemarahan yang dirasakan, semakin besar pula arti nilai-nilai bagi anda.

Sebagai contoh, Ibu anda memutuskan sesuatu untuk anda-anda tidak boleh pergi ke luar malam ini. Anda merasa marah terhadap keputusan itu. Hal–hal yang bertentangan dengan nilai-nilai anda bisa jadi:

  • Kebebasan dan tanggung jawab terhadap hidup anda sendiri.
  • Kepercayaan (ibu anda tidak mempercayai Anda)
  • Kesetiaan
  • Persahabatan
  • Kedekatan pada kelompok.

Kata-kata yang tercetak tebal adalah nilai-nilai yang dimiliki beberapa  orang.

Ingatlah, anda suka saat orang lain menghormati nilai-nilai dan pendapat serta kesukaan Anda. Lakukan hal yang sama pada mereka, hargai nilai-nilai mereka meskipun mungkin berbeda dengan nilai-nilai Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *