Malas Belajar

 

Anak Anda mengalami masalah malas belajar ? hubungi 0818 074 44 074 / 0817 0735  888 untuk solusi tepat

MALAS BELAJAR

 

Apa si penyebab anak malas belajar?

Dalam beberapa minggu ini anak-anak akan menghadapi ujian semester atau sering disebut kegiatan evaluasi hasil belajar. Saat seperti ini, banyak orang tua yang juga ikut stress karena anaknya tidak mau belajar. Lalu, apa si yang sebenarnya menyebabkan anak menjadi malas belajar?

  1. Ketidaksesuaian cara mengajar dan gaya belajar anak
    Setiap individu memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Ada yang dapat langsung mengingat seluruh hal dengan satu kali mendengar, ada yang harus membaca berulang-ulang, ada yang harus membuat ‘lagu’ dari setiap materi pelajaran baru dapat mengerti dengan mudah, ada yang harus diperagakan, dan masih banyak gaya belajar lainnya. Namun, seringkali di sekolah cara mengajar yang diterapkan adalah sama. Padahal setiap gaya belajar memiliki cara mengajar yang berbeda pula. Di sini, penting bagi orang tua untuk mengenal gaya belajar anak sehingga orang tua tahu cara mengajar yang tepat untuk anak.
  2. Kesalahan persepsi mengenai nilai yang tinggi
    Sebenarnya esensi dari belajar adalah merubah dari yang tidak bisa menjadi bisa. Ketika anak masih berusia 1 tahun, pelajaran yang mereka pelajari adalah berjalan. Dalam proses belajar tersebut anak mengalami berbagai proses hingga akhirnya bisa berjalan sendiri tanpa dibantu oleh orang lain. Tidak pernah ada yang menilai berapa skor anak tersebut?
    Namun ketika anak memasuki usia sekolah, hal yang ‘ditekankan’ oleh mayoritas orang tua adalah NILAI. Persepsi bahwa anak dengan nilai yang tinggi adalah anak yang pintar membuat banyak orang tua yang ‘memaksa’ anaknya untuk mendapatkan nilai yang tinggi. Padahal, esensi dari belajar adalah membuat seseorang yang awalnya belum bisa menjadi bisa.
  3. LABEL
    Pemberian cap atau label seperti: “Kamu memang pemalas”, “Tukang Main Game”, dan label lainnya pada anak akan membuat anak semakin malas dan bahkan yang ekstreme dapat membenci orang tua mereka sendiri. Hal ini disebabkan karena label membuat anak semakin merasa ‘ditolak’ dan anak berpikir bahwa mereka memang benar seperti apa yang dilabel oleh orang tua. Untuk mengatasi kemalasan belajar, sebaiknya orang tua mencari tahu penyebab kemalasan belajar yang anak alami. Dengan mengetahui penyebabnya, maka orang tua dapat mengatasi kemalasan belajar tersebut dengan cara yang tepat.

Ketiga hal di atas merupakan penyebab utama anak menjadi malas belajar. Selain itu, postur tulang belakang yang kurang sempurna juga dapat menyebabkan anak malas belajar.

Semoga bermanfaat!

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *