Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

KARAKTERISTIK Anak Berkebutuhan Khusus

 

Pada umumnya, anak-anak yang berkebutuhan khusus dan sebagian anak normal mengembangkan suatu bentuk perilaku yang perlu perhatian dan penanganan secara khusus dan hati-hati. Perilaku tersebut bisa saja terjadi dimana anak merasa frustasi karena tidak dapat mengekspresikan dirinya dengan kata-kata yang komunikatif agar dipahami orang lain sehingga akhirnya amarahnya meledak dan mengamuk. ABK tertentu terbiasa melakukan seperti itu untuk mendapatkan perhatian orang tua. Berikut adalah perilaku yang dapat dianggap bermasalah :

Self-stimulation: stimulasi diri

Adalah perilaku stereotip yang berulang yang terlihat tidak bertujuan selain stimulasi sensori, seperti memainkan ludahnya, memutar-mutar suatu benda, memainkan tangannya (hand flapping), menatap sesuatu dalam waktu yang lama, dan lain sebagainya.

Self-injury: melukai diri sendiri

Adalah perilaku menganiaya diri sendiri secara berulang seperti menggigit, mencakar, atau memukuli dirinya sendiri, membenturkan kepalanya, dan lain sebagainya. Terkadang stimulasi diri yang terlalu sering dan intens dapat menjadi melukai dirinya sendiri seperti menggigit tangannya, memukuli kepala dan tubuhnya, mengulum tangannya, dan mencubit dirinya.

Tantrums : mengamuk

Tantrum meliputi beragam perilaku termasuk melukai diri sendiri, berteriak, menangis, melempar atau merusak barang, dan agresi terhadap orang lain. Biasanya tantrum terjadi karena anak merasa marah dan frustasi yang disebabkan tidak mampu mengekpresikan dirinya. Namun demikian, ada juga anak yang terbiasa untuk menggunakan tantrum demi mendapatkan keinginannya.

Aggression toward others : menyerang orang lain

Agresifitas terhadap orang lain seperti memukul orang lain, melemparkan barang menuju orang lain, dan perilaku serupa lainnya.

Lack of daily living skills : ketidak-terampilan dalam kehidupan sehari-hari

Adalah ketidak mampuan seorang anak untuk mengurusi dirinya sendiri misalnya dalam hal berpakaian, buang air, atau makan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *